Monday, May 28, 2018

Tempat wisata di Gresik Terbaru 2018 Paling Indah & Murah #1

  Doel Roket       Monday, May 28, 2018
tempat wisata di Gresik
foto dari @wonggresik

Tempat Wisata di Gresik – Kota gresik dengan keindahan alam yang mempesona,kaya akan wisata.  Kota yang masih dalam Lingkup Provinsi Jawa Timur ini berbetasan dengan selat Madura dan Kota Surabaya.

Daerah yang di kenal dengan Kota Semen karena Gresik adalah daerah yang mendirikan pabrik semen pertama di Indonesia. Yaitu Semen Gresik.

Gresik sendiri mempunyai segudang Destinasi wisata yang indah dan Menarik. Anda tidak akan kecewa mengunjungi kota ini untuk Berwisata. Pasalnya ada banyak tempat menarik di Gresik yang indah dan harus anda kunjungi.

Daftar Isi

Tempat Wisata di Gresik

Berikut daftar Destinasi wisata terbaru di Gresik yang bisa anda kunjungi.

1. Pulau Bawean di Gresik

tempat menarik di Gresik
foto dari @qna_nada

Pulau yang terletak di ujung kota Gresik berada di utara Pulau jawa yang menawarkan pesona alam yang mempesona. Pulau ini adalah pulau suaka margasatwa sekaligus sebagai suaka alam yang indah.

Selain itu pantai di pulau ini pun sangat bersih dan indah. Hamparan pantai pasir putih yang bersih dan masih alami sangat menambah pesona pulau ini.

Apalagi wisata pantai di Gresik ini belum banyak di kunjungi oleh banyak wisatawan. Anda bisa bermain dan berenang dengan nyaman. Di pulau ini anda juga bisa menggunjungi Air Terjun,Danau Kastoba, dan berendam di air panas.

2. Pesona Pulau Gili yang menawan

tempat wisata pantai di Gresik
foto dari @fattah.man

Pulau Kecil dengan pesona alam yang menakjubkan,lokasi pulau ini tidak jauh dari pulau bawean hanya berjarak sekitar 2,3 Km saja. Pulau ini hanya di huni sekitar 700 keluarga saja.

Pantai dengan pasir putih bersih yang indah serta pemandangan alam yang luar biasa ada di pulai ini. Apalagi keindahan Sunrise dan Sunset yang  sangat indah akan anda nikmati di pulau ini.

Anda bisa bermain di pantai ini, banyak juga nelayan yang menawarkan ikan hasil tangkapannya. Sehingga anda bisa menikmati keindahan pantai sambik bakar-bakar, syahdu bukan?

Anda bisa sampai di pulau ini dengan menempuh waktu sekitar 30 menit saja menyebrang menggunakan perahu. Sayang sekali jika anda melewatkan pulau yang satu ini saat berlibur di Kota Gresik.

3. Pulau Noko yang mempesona

Tempat liburan di Gresik
foto dari @dhevieka_233

Tempat liburan di Gresik ini menawarkan keindahan alam yang tidak kalah cantik dengan pulau pulau yang lainnya. Pantai khas pasir putih yang bersih dan indah.

Pulau ini tidak berpenghuni karena luasnya hanya sekitar 1 Km saja. Pulau ini terbentuk dari daratan pasir putih yang menakjubkan.

Di jamin anda tidak akan menyesal saat mengunjunginya. Karena keindahan dan pesona pantai pulau Noko ini sangat mempesona.

Pemandangan bawah lautnya sungguh indah dengan terumbu karang dan ikan-ikan cantik berbagai warna. Anda bisa menyewa peralatan menyelam di Pulau Bawean karena di pulau ini tidak ada fasilitas Snorkling dan diving.

4. Pulau Noko Selayar di Gresik

tempat piknik di Gresik
foto dari @rnazizaah

Lokasi pantai ini dekat dengan lokasi pulau selayar Bawean. Pulau ini sama dengan pulau Noko dengan hamparan pasir putih yang bersih dan panjang di pantainya. Tetapi ukuran pulau ini lebih kecil di banding pulau Noko.

Pulau Noko selayar ini adalah Gunung yang ada di tengah laut, pemandangan yang eksotis bisa anda dapatkan di pulau ini.

Keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Sayang sekali jika anda melewatkan wisata pulau Noko selayar ini sebagai tempat hunting di Gresik.

5. Pantai Delegan di Gresik

wisata populer di Kota Gresik
foto dari @gresiktourism

Obyek wisata yang cukup terkenal dan populer di Kota Gresik. Berada di Desa Delegan,Kecamatan Panceng,Gresik Jawa Timur.

Pantai indah dengan hamparan pasir putih dan ombak pantai yang tenang membuat pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan. Khusunya wisata Keluarga di Gresik.

Ombak yang tenang membuat anak-anak bisa bermain dan berenang dengan nyaman dan aman. Pantai ini juga sering di gunakan sebagai tempat lomba agustusan seperti lomba perahu,memancing dan yang lainnya.

Fasilitas pantai masih sangat sederhana karena hanya di kelola masyarakat sekitar saja.

6. Pesona Pantai Sukaoneng

tempat liburan di gresik
foto dari indonesia-tourism.com

Pantai ini berada di bawah pulau Bawean,pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih lembut dan bersih di pantai Sukaoneng.

Sayang sekali jika tidak dijadikan tempat berfoto di Gresik.Berlokasi di Desa Sukoeneng sehingga pantai ini di beri nama Pantai Sukoeneng.

Berada di Kec Tambak, Kab Gresik. Anda bisa mengunjungi pantai ini  dengan berjalan kaki menempuh jarak 200 meter dari Jalan raya.

7. Pantai Ria di Gresik

tempat wisata alam di Gresik
foto dari @rey17andika

Wisata pantai yang dulunya adalah palebuhan para nelayan setelah pergi menangkap ikan di Laut. Di Beri nama Ria karena suasana Gembira ria para Nelayan setelah menangkap ikan di laut pada masa itu.

Hingga sekarang masih banyak perahu nelayan yang sedang beraktifitas menangkap ikan di sekitar pantai ria ini. Pantai tanpa pasir dan di penuhi bebatuan.

Akan tetapi panorama alam yang ikan akan anda dapatkan di pantai ini. jadi jangan khawatir karena anda tidak akan kecewa.

8. Pantai Kuburan Panjang yang Unik

tempat wisata di gresik 2017
foto dari @hellonusantara

pantai dengan 2 sisi pantai. Sisi satu dengan Ombak pantai yang tenang,sedangkan sisi pantai yang lain dengan ombak yang besar.

Di pantai ini juga terdapat Kuburan panjang, sehingga pantai ini di namai pantai kuburan panjang, unik bukan? Menurut cerita konon kuburan ini adalah kuburan para pengawal Aji saka yang ada di Bawean.

Tidak hanya itu, keindahan sunrise dan sunset di pantai ini sangatlah indah, sayang sekali jika anda harus melewatkannya. Anda bisa berkunjung ke sini kapan saja.

Tapi kami sarankan jangan ke tempat piknik di Gresik ini saat hari raya idul fitri. Dikarena pantai ini akan penuh sesak oleh sekumpulan orang mudamudi. Karena pantai ini pantai yang paling favorit di kalangan para Remaja.

9. Pantai Mayangkara yang mempesona

obyek wisata di Gresik yang murah
foto dari @ipeyjava

Panorama pantai yang indah dengan di temani hembusan pantai sepoi-sepoi yang menyegarkan di pantai Mayangkara Gresik. Di kawasan pantai mayangkara ini juga terdapat penangkaran hewan Rusa.

Disini anda bisa melihat rusa-rusa endemik. Anda bisa melihatnya hanya di pulau bawean saja. Pantai yang indah dengan Sejarah pantai ini yang eksotis dan menakjubkan.

Pertama kali di temukan oleh siti zaenab, siti zaenab adalah isteri dari Sunan Giri. Anda bisa sampai ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalan menuju pantai yang sudah baik.

10. Air terjun Laccar di Gresik

tempat wisata air terjun di Gresik
foto dari @abdullmeddy

Pulau Bawean juga punya air terjun, yaitu air terjun Laccar. Wisata air terjun ini masih perawan dan alami. Air yang jernih, dingin dan suasana alam yang hijau membuat tempat ini menyegarkan.

Untuk sampai ke tempat wisata air terjun di Gresik ini anda harus memalui akses jalan yang cukup sulit. Karena sarana dan prasarana yang belum memadai.

Anda harus melewati jalan setapak hingga menyusuri sungai berbatu di pulau bawean. Air sungai yang dingin,jernih dan segar pastinya akan menarik.

Wisata ini cocok untuk anda yang suka issue berpetualang dengan tantangan. Bagi kalangan muda dan pecinta alam. Karena semakin sulit semakin greget untuk menaklukkannya.

11. Air Terjun Patar Selamat di Gresik

Tempat wisata alam di Gresik
foto dari @ilham_putra

Lokasi aim terjun ini di Desa Patar Selamat ,Kec sangkapura. Air terjun yang indah dan hanya memiliki ketinggian sekitar 12 meter saja.

Tunggu, sedang memuat. . .

Tempat wisata alam di Gresik ini masih alami dan sejuk, dengan air yang segar membuat suasana yang menenangkan. Disini anda juga bisa melihat hewan liar seperti kera dan ayam hutan.

12. Gunung kapur Sekapuk Gresik

tempat hunting di Gresik
foto dari @haikal_lahmadi

Gresik juga punya Gunung Kapur yang mempesona. Terdapat bukit kapur yang terbentuk indah. Hal ini akibat penambangan yang di lakukan oleh warga sekitar yang di beri nama Gunung kapur Sekapuk.

Lokasinya berdekatan dengan Bukit Jamur. Tepatnya di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kab Gresik Jawa Timur.

13. Pesona Gunung Surowiti di Gresik

tempat berfoto di Gresik
foto dari @syahryll_mbut

Wisata Gunung Surowiti ini adalah gunung petilasan yang pernah di gunakan  oleh sunan Kalijaga untuk bertapa sunan Kalijaga.

Bukit dengan penduduknya sekitar 200 kepala keluarga saja. Bukit dengan luas 5 hektar dan berada di ketinggian 260 Mdpl.

Lokasi tepatnya di Desa Surowiti, Kec Panceng. Dari Kota Gresik berjarak sekitar 40 Km melalui jalur pantai utara Gresik menuju Tuban. Sekitar 3 Km menuju selatan dari Jalan Raya Panceng Gresik.

14.Goa Gelang Agung di Gresik

tempat wisata goa di Gresik
foto dari @anas_achmad_

Lokasi Goa ini ada di Desa Melirang, Kecamatan Bungah, Kab Gresik. Tempat ini sayang apabila tidak anda kunjungi saat anda berlibur di Kota Gresik. Goa yang berbentuk seperti  Gelang besar sehingga di namani Goa Gelang Agung.

Goa ini memiliki panjang sekitar 4 Kilometer. Keindahan panorama alam serta stalagtit dan ornamen gua yang menakjubkan.

Banyak lorong dan ruangan yang ada di dalam goa. Menurut cerita lorong dan ruangan ini dulunya di gunakan untuk bersembunyi dan bertapa.

15. Goa Langsih

tempat wisata kota gresik
foto dari @cheppy_grizz

Goa ini di sebut-sebut sebagai goa tempat tinggal Berandal Loka jaya di masa lalu. Goa ini merupakan peninggalan sejarah para walisongo di zaman dulu.

Dengan pemandangan dan suasana mistis. Membuat wisatawan yang mengunjungi tempat ini harus menjaga kesopanan ,kebersihan, ketertiban dan keamanan saat berkunjung.

Di larang melakukan hal yang berbau pornografi. Di anjurkan kepada wanita jangan masuk ke dalam Goa kalau dalam keadaan sedang menstruasi.

Tertarik mengunjunginya?

16. Danau Kastoba di Gresik

tempat nongkrong di gresik
foto dari @fsadam

Lokasi danau ini berada di puncak bukit. Panorama alam yang indah dan alami serta air danau yang jernih dan dingin.

Di tambah lagi dengan suasana pegunungan yang sejuk membuat tempat ini sayang untuk di lewatkan. Anda bisa sampai ke danau ini dengan menyusuri bukit.

Dengan jalan yang tidak mudah dengan berjalan kaki sekitar 1 Km. Lokasinya berada di Desa Paromaan, Kec Tambak, Kab Gresik. Berada di atas bukit Bawean.

17. Tanjung Gaang Gresik

tempat wisata pantai di Gresik
foto dari @holidayisnesia

Lokasi wisata ini terletak di Pulau Bawean, Tanjung Gaang ini menawarkan keindahan. Panorama keindahan alam yang mempesona dengan pemandangan batu karang, tebing-tebing kokoh yang artistik.

Lokasi wisata ini berada di Desa Kumalasa, Kec Sangkapura. Dari pulau Bawean berjarak sekitar 8  Km menuju arah barat.

Anda bisa sampai di tempat ini dengan menempuh jalur darat dan laut. Akan lebih indah jika anda mengambil jalur laut untuk sampai ke tempat ini.

Anda bisa menyewa perahu nelayan dan menikmati keindahan alam laut di sepanjang perjalanan menuju ke tanjung Gaang ini. Karena pemandangan alamnya sangat mempesona dan indah sekali.

18. Bukit Jamur di Gresik

tempat piknik di Gresik
foto dari @herrydw

Wisata bukit jamur ini ada di Kec Bungah, Kabupater Gresik, dari Gunung Kapur selapuk berjarak sekitar 6 Km. Terbentuk dari proses penambangan yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi.

Batu-batu hasil galian yang mengalami erosi air hujan membentuk gundukan batu yang bentuknya menyerupai Jamur. Pemandangan batu-batu indah dengan bentuk menyerupai jamur akan anda temukan di bukit jamur ini.

Baca Juga >> 30 Tempat Wisata Di Bandung Terbaru Paling Indah

19. Keasrian Telaga Ngipik

Tempat wisata di Gresik 2017
foto dari @stefanus_widi

Obyek wisata ini sangat tepat bagi anda yang ingin merelaksasi pikiran anda akan jenuhnya suasana kota dan jenuhnya suasana. Lokasinya dari alun-alun kota Gresik berjarak kurang lebih 1,5 Km.

Tempat wisata di Gresik 2017 ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Udara yang sejuk dan menyegarkan. Serta pemandangan yang hijau disertai air telaga yang jernih.

akan tercipta suasana yang lebih nyaman jika anda menyambangi tempat ini. Pemandangan dengan view pabrik-pabrik yang ada di sekitar telaga membuat view yang lebih indah untuk foto anda.

Nama lain dari telaga ini adalah Taman wisata Giri warna tirta. Telaga ini juga biasa di gunakan sebagai tempat latihan Sky Air oleh PSASI Jawa Timur.

20. Sendang Banyu Biru Lowayu di Gresik

Obyek Wisata murah di Gresik
foto dari @dinaedriani

Obyek Wisata murah di Gresik yang satu ini menawarkan keindahan alam yang eksotis. Lokasi wisata ini berada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun,Kabupaten Gresik.

Disini anda bisa melihat mata atmosphere yang jernih dan menawan yaitu di Sendang Banyu Biru Lowayu. Air dari sumber mata air ini memiliki warna biru yang sangat indah,unik dan misterius.

Mata air disini juga mengandung unsur belerang yang sangat banyak. Saat anda mengunjungi tempat ini anda akan mencium aroma bau belerang yang sangat kuat. Sehingga air di air belerang di sendang biru lowayu ini dapat di gunakan untuk pengobatan penyakit kulit.

21. Penangkaran Rusa di Gresik

wisata keluarga di gresik
foto dari @amiruddin35

Penangkaran Rusa ini berada di Pulau Bawean. Jadi sayang sekali jika anda berlibur di pulau Bawean tanpa mengunjungi penangkarang Rusa yang ada di Pulau Bawean. Luas penangkarang rusa ini mencapai 4 Hektar yang di huni oleh sekitar 300 ekor rusa.

Penangkaran ini membudidayakan rusa jenis Axis kuhlil. Rusa yang memiliki tinggi sekitar 60-70 cm untuk rusa Jantan, dan tinggi 25-47 cm untuk rusa betina. Anda bisa melihat rusa-rusa ini berkeliaran bebas di tempat wisata Gresik yang murah ini.

22. Wisata Religi di Makam sunan Maulana Malik Ibrahim

tempat wisata realigi di Gresik
foto dari @mochamad_ily45

Makan wali yang satu ini sangat fenomenal, karena ada 3 makam di tempat yang berbeda. Ini merupakan makam satu orang yaitu Maulana Malik  Ibrahin.

Ada banyak makam syek maulana malik ibrahim. Makam yang satu ada di cirebon yang merupakan makam syekh Maulana Maghribi atau nama lain dari Maulana Malik Ibrahim.

Syekh Maulana ibrahin juga tenar dengan nama sunan gresik. Beliau adalah orang pertama yang berhasil menyebarluaskan agama Islam di Jawa saat Majapahit masih berjaya.

Pengaruh dari Maulana Malik Ibrahim sangat besar dan berpengaruh dalam proses penyebarluasaan agama islam di Jawa. Buktinya ada 2-3 makam yang bernamakan beliau.

23. Makam Sunan Giri Gresik

tempat wisata realigi di Gresik
foto dari @robert_prabowo

Lokasi makam ini berada di Desa Giri, Kec Kebonmas,Gresik. Makam ini bisa anda kunjungi dengan melewati 3 akses jalan. Yaitu dengan melalui Masjid Sunan Giri, melewati Undakan tengah dan masuk ke Gapura Candi Bentar yang terdapat patung Naganya.

Dan yang terakhir masuk melalui Arah makam sunan prapen. Makam ini selalu ramai di kunjungi oleh peziarah dari berbagai Daerah, baik dari Jawa Maupun luar Jawa.

24. Petilasan sunan Kalijaga di Gresik

tempat wisata sejarah di Gresik
foto dari @irwansgyt

Petilasan ini adalah sebuah Goa yaitu Goa Langsih, terletak di Bukit Surowiti. Berjarak 35 Km jika di tepuh dari Pusat Kota Gresik.

Jika ingin ke petilasan ini anda harus menaiki banyak anak tangga yang melelahkan. Suasana petilasan yang sunyi dan sedikit mistis akan menambah suasana mencekam dan menegangkan.

Tapi jangan khawatir selama Niat kita baik pastinya akan berdampak baik pula. Jadi jangan sampai tidak mengunjungi tempat wiisata realigi di Gresik ini ya,karena anda akan mendapatkan pengalaman baru di tempat ini.

25. Makam Sunan Prapen di Gresik

tempat wisata realigi di Gresik
foto dari @ulng83

Makam ini berada di Desa Klangonan, Kec Kebonmas. Berada di dekat lokasi makam Sunan Giri, hanya berjarak sekitar 400 poem saja di sebelah barat.

Didalam makam sunan Prapen terdapat cungkup yang berarsitektur seni tinggi dan unik serta sangat menarik. Sunan Prapen adalah orang yang sangat berperan dalam kejayaan Giri pada masa itu.

Karena itu beliau adalah penerus dari Dinasti Giri ke-4. Pengaruh beliau juga sampai ke Kalimantan , Sulawesi ,dan Lombok.

26. Kota Lama Gresik yang bersejarah

tempat wisata bersejarah di Gresik
foto dari @awardeean

Destinasi wisata sejarah yang satu ini sayang sekali jika anda lewatkan. Peninggalan bangunan arsitektur belanda yang masih kokoh berdiri. Seakan-akan membawa anda kembali ke zaman Kolonial Belanda.

Kota lama ini sangat cocok untuk destinasi wisata anda dan keluarga, apalagi untuk wisata edukasi bagi anak-anak dan pelajar.

27. Wisata Adenium di Gresik

tempat piknik di Gresik
image via agrojatim.wordpress.com

Lokasi wisata ini berada di Desa Menganti, anda bisa menikmati berbagai macam Adenium di tempat wisata edukasi di Gresik ini.

Tidak hanya melihat, disini anda juga bisa membeli adenium untuk koleksi di rumah. Dikarenakan banyak penjual yang menjual Adenium di sekitar wisata ini.

28. Wisata Air di Bukit Awan Waterpark di Gresik

tempat bermain anak di Gresik
foto dari @gresikapik

Lokasi tempat bermain anak di Gresik ini ada di Pesisir Utara Gresik. Suasana yang panas akan terasa segar saat anda berkunjung dan berenang di Bukit awan waterpark ini. Lokasi tempat rekreasi di Gresik ini berada di Jalan R.Ayu Siti Aminah No.1 di Desa Randuagung,Kecamatan Kebonmas.

Di sini tersedia 2 kolam renang. Satu kolam anak-anak dan kolam untuk orang Dewasa dengan di lengkapi berbagai macam wahana permainan air yang menarik. Sangat tepat untuk destinasi wisata anda dan keluarga pastinya.

29. Wisata Kuliner Khas Gresik

wisata kuliner di Gresik
foto dari @gldayol

Tutup liburan anda dengan wisata kuliner di Gresik menikmati makanan khasnya yaitu Sego Rumo. Yaitu Nasi yang di bungkus daun pisang (di pincuk) dan di tembah dengan siraman kuah kental yang harum. Rasanya enak, gurih dan pastinya menggoyang lidah anda.

Tetapi anda akan menemukan makanan ini hanya di tempat tertentu di Kota Gresik. Hanya ada di Pasar baru,pasar Kota dan di sekitar alun-alun Kota Gresik. Harus di coba ya.

Demikian 29 tempat wisata yang ada di Gresik, masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di kota ini. Jadi jagan anggap remeh kota Gresik dann wisatanya, karena kota ini punya gudang wisata yang menakjubkan. Di tambah dengan wisata religi dan sejarahnya.

Tempat Wisata di Jawa Timur Lainya:

Peta Wisata Kota Gresik

Pastinya anda akan puas jika berlibur di Kota Gresik. Bagikan artikel ini ke semua orang agar mereka tahu kalau tempat wisata di Gresik juga tidak bisa di anggap sepele.

SRC: https://tempatwisatakeluarga.com/tempat-wisata-di-gresik/

logoblog

Thanks for reading Tempat wisata di Gresik Terbaru 2018 Paling Indah & Murah #1

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment